Pages

July 10, 2009

Konversi / Mengubah CD Audio ke Mp3

Maaf, sebelumnya ini bukan software untuk membajak apalagi untuk tujuan komersiil. Karena software yang bagus untuk konversi atau mengubah lagu dari CD Audio menjadi Mp3 ini adalah sebatas dalam wacana pembelajaran, atau wacana untuk menambah wawasan kita. Bahwa, ternyata dalam dunia komputer dan software, semuanya tidak ada yang abadi. CD Audio pada awal-awalnya tidak bisa dicopy atau digandakan secara bebas dan semudah menyimpan file. Tetapi sekarang akhirnya ditemukan banyak cara baik hardware maupun software untuk menkonversi lagu dari CD Audio menjadi Mp3. Yang jelasnya memang kalah jauh dari kualitas aslinya. Jadi semua kembali kepada nurani masing-masing ya....Udah deh, gimana sih caranya? Begini..simpel sih.



Program atau software ini saya dapat dari alamat blog http://ligapribadi.wordpress.com/2008/03/13/kita-ngubah-cd-audio-menjadi-mp3-yuk/ yang juga mengambil software dari http://sourceforge.net/project/showfiles.php?group_id=567 atau bisa juga diambil dari kumpulan software konversi audio/video :
1. Download terlebih dahulu software cdex_170b2_enu.exe
2. Setelah proses download selesai, doubel klik file program cdex_170b2_enu.exe



3. Proses selanjutnya adalah menginstal software ke komputer kita.
4. Setelah semua proses instalasi selesai, kemudian jalankan programnya.
5. Tampilan software ini adalah sbb.



6. Masukkan CD Audio yang ingin dikonversi. Seharusnya software langsung mendeteksi CD tersebut, seperti pada tampilan di bawah ini :



7. Langkah berikutnya adalah pilih track atau file yang ingin dikonversi atau pilih semua, dengan cara klik kanan --> select all.

8. Untuk mengkonversi-nya, klik pada menu utama CDex yaitu menu Convert > Extract CD track(s) to a Compressed Audio File. Liat pada gambar:



9. Berikutnya kita tunggu sampai proses konversi selesai.

10. Hasil dari konversi ini terdapat pada My Documents\My Music\MP3\

Simpel kan? Terimakasih buat kita semua, ingat ya...pembajakan merugikan orang laen lo..apalagi sampai diperjualbelikan...pergunakan software ini untuk hal-hal yang bermanfaat saja.

No comments:

Post a Comment