Pages

October 5, 2012

Nomor 1 di Pencarian Search Engine Google! | SEARCH ENGINE OPTIMIZATION


Artikel ini saya kutip dari teman Saya sesama ABers Backlink Imperium 
PENDAHULUAN
Beberapa hari ini saya mulai menggunakan teknik easy SEO ini. Sebelumnya, untuk mengoptimize website saya, saya menggunakan beberapa tools SEO yang ada di pasaran, seperti Unique Article Wizard, Build My Rank, Scrape Box, Bookmarking Daemon, SenukeX, Article Marketing Robot, SEO Link Vine, dan My Article Network. Dari pengalaman saya, alat-alat tersebut bagus untuk menaikkan rank website kita di awal-awal optimasi. Namun kemudian website kita akan mandek di ranking tertentu. Keyword-keyword saya banyak yang mandek di ranking 5-9. Bahkan ada yang mandek di ranking 40an. Tidak bergerak meskipun sudah dibom backlink menggunakan tools di atas. Apa yang salah? Jawabannya adalah kualitas backlink. Backlink saya dikalahkan kualitasnya oleh backlinknya website pesaing saya.


Apa itu backlink yang berkualitas? Banyak sekali bertebaran informasi di internet, bahwa backlink yang berkualitas adalah backlink yang berasal dari High PR Pages. Lalu bagaimana kita dapat memilikinya? Menggunakan tools apa untuk mendapatkannya? Nah, pada tulisan saya berikutnya akan dijelaskan bagaimana kita dapat memperoleh backlink yang berkualitas dan memperoleh ranking teratas di google.
Kita telah mengenali diagram seperti di bawah ini :


Diagram tersebut menggambarkan kekuatan backlink dari berbagai sumber. Sebagai contoh, apabila kita membuat backlink dari forum profile, maka kita membutuhkannya dalam kuantitas yang sangat banyak apabila dibandingkan dengan backlink dari Press Release. Atau bisa diartikan bahwa backlink yang berasal dari Press Release lebih powerful dibandingkan dengan backlink dari Forum Profile.
Relevant blog commenting juga masih kurang bagus jika dibandingkan dengan press release.
Bisa dilihat dari diagram di atas bahwa backlink yang berasal dari High Authority Homepage Contextual adalah yang terbaik. Maksudnya apa? Kita jabarkan satu persatu menggunakan bahasa yang disederhanakan ya...^_^
High Authority >> High PR Pages
Homepage >> Lagi-lagi berhubungan dengan High PR, dimana PR yang tinggi itu biasanya ada di homepage (halaman utama)
Contextual >> Backlinks dikelilingi oleh artikel yang satu topik dengan backlink tsb, juga satu topik dengan blog kita.
Jadi artinya kalau kita ingin memiliki backlink yang terbaik agar segera menduduki ranking 1 di google, kita harus mendapatkan backlink dari dalam artikel yang setopik, lalu artikel tersebut harus berada di halaman yang memiliki PR tinggi. Hmmm..., mudah ya konsepnya.
Dengan dasar tentang backlink tersebut, kita dapat menilai sendiri mengenai tools yang saya sebutkan di awal tulisan ini.

Lalu sekarang pertanyaannya adalah dari mana kita mendapatkan High Authority Homepage Contextual Links? Ada beberapa jasa backlink yang menawarkan hal ini. Diantaranya adalah elite.seolinkvine.com, elitelinknetwork.com, homepagebacklinks.com, dll. Mereka semua dengan meyakinkan menawarkan jasa yang sangat eksklusif, menjamin kita menduduki ranking tertinggi di google. Harga yang ditawarkan pun sangat eksklusif...hehehe.. You tell me..
Elitelinknetwork.com (ELN) lebih ekstrem lagi. Dia memberikan daftar client-clientnya yang menduduki high SERP google beserta kata kuncinya. Wow.. Really impressive!

Penawaran layanan backlinks tersebut juga terbatas, mereka tidak menjualnya secara terus menerus kepada publik. Ini logis, kenapa? Karena semakin banyak member, maka postingan di jaringan blog mereka akan makin banyak, ini akan menurunkan authority dari artikel yang ditulis. Karena artikel-artikel tersebut akan roll-off, pindah halaman ke halaman 2, 3, dan seterusnya yang memiliki PR 0. Ini terjadi kepada layanan seperti UAW, SEO Link Vine, MAN, Article Directories, dll. Ditambah lagi, apabila halaman tempat artikel berada sudah jauh di kedalaman, google akan men-deindexnya. Backlink kita akan turun jumlahnya.
Barusan saya menyinggung tentang jaringan blog. Apa itu?

JARINGAN BLOG
Jaringan blog atau Blog Network adalah seperti taman bermain bagi layanan backlink yang ditawarkan UAW, MAN, BMR, ELN, dan layanan sejenisnya. Mereka hanya akan memberikan kita backlink yang berasal dari taman bermainnya. Tidak dari taman bermain orang lain.
Sedangkan layanan seperti scrapebox, senukeX, dan AMR, mereka tidak memiliki blog network. Mereka akan mencari website-website yang bisa ditempelkan backlink. Penempelan backlink tersebut bisa di blog comment dan article directories. Tapi alat-alat tsb juga bisa dimanfaatkan untuk memposting artikel di blog milik kita.

Mana yang lebih baik? Memiliki blog network atau tidak? Silakan dilihat lagi diagram backlink di atas. Jawabannya ada disitu. Kalau saya lebih memilih blog network, tapi yang berkualitas, seperti ELN. Berkualitas? Yup, ingat High Authority Homepage Contextual Links. ELN memiliki blog network yang memiliki High PR. Mereka juga menempatkan backlink kita di Homepage – Contextual.
Saya sangat ingin berlangganan ELN, tapi nasib berkata lain. ELN masih tutup aja pendaftarannya. Saya sudah mendaftarkan waiting list. Tapi tetep aja ELN masih tutup..fiuhh..
Kemudian saya menghitung-hitung, antara berlangganan ELN atau membuat blog network sendiri. Ternyata jauh lebih menguntungkan membuat blog network sendiri yang berkualitas tinggi, Jaringan Blog Pribadi Berkualitas Tinggi. Lebih menguntungkan dari segi investasi, pendapatan, dan manfaat jangka panjang.

MEMBUAT JARINGAN BLOG PRIBADI
Sampai disini pasti kita semua sudah mengerti mengapa kita akan membuat High PR Private Blog Network. Agar menempati ranking tertinggi di google dengan cepat!
Untuk membuat High PR Private Blog Network, kita membutuhkan uang ekstra, waktu, dan usaha.
Apa itu High PR Private Blog Network? Dari namanya pasti sudah bisa ditebak. Namun sejauh mana parameter bahwa kita sudah memiliki High PR Private Blog Network? Jawabannya sangat relatif, bergantung kepada website yang ingin kita optimasi. Bergantung kepada kata kuncinya.
Ada yang bilang bahwa apabila kita memiliki jaringan yang terdiri dari 10 buah blog, dengan masing-masing domain ber-PR 4, kita sudah bisa menduduki rank 1 untuk easy dan medium competition keyword. Sebagai catatan, sebenarnya ada pembahasan tersendiri mengenai definisi easy dan medium competition keyword. Banyak yang salah menafsirkan. Namun hal tsb tidak akan dibahas di tulisan ini.
Jadi satu jaringan = 10 blog? Jawabannya tetap saja, relatif. Kalau saya saat ini memiliki sebuah jaringan blog berisi :
2 buah domain PR 5
11 buah domain PR 4
17 buah domain PR 3
1 buah domain PR 1
4 buah domain PR 0
Total 35 blog (masih terus nambah) :D
Jumlah blog ini cukup untuk membuat beberapa keyword saya nomor 1 di google dalam waktu 2 minggu saja! (winked..winked..)
Target awal kita adalah 1 jaringan = 30 blog.

DOMAIN
Untuk membuat High PR Private Blog Network, kita membutuhkan domain ber-PR tinggi. Dimana mendapatkannya? Di internet banyak dijual. Biasanya orang membeli di auction godaddy, flippa, sedo, namejet, dll. Pastikan mendapatkan harga lelang yang rendah.
Kalau bisa ketika registrasi domain, gunakanlah private info untuk domain tsb. Hal ini agar tidak ada jejak (footprint) yg ditinggalkan untuk google sehingga google akan menganggap masing2 domain tersebut adalah milik org yg berbeda.

HOSTING
Untuk membuat sebuah jaringan blog pribadi, kita membutuhkan alamat IP yg berbeda-beda untuk setiap domain yang ada di jaringan blog kita. Hal ini agar tidak ada footprint. Apabila alamat IP masing2 domain sama, makan google tidak akan memberikan nilai lebih untuk backlink yang berasal dari domain2 tersebut.
Di dunia SEO dikenal dengan adanya SEO Hosting. Dimana dengan menggunakan layanan hosting tsb, kita akan diberikan alamat IP yg berbeda untuk setiap domain. Beberapa provider SEO hosting diantaranya adalah SEOHosting.com, aseohosting.com, indianets.com. Harga yang ditawarkan untuk SEO hosting ini lumayan mahal. Sebut saja indianets.com, yang termurah, menawarkan harga per IP nya adalah USD 2 per bulan. Minimal kita harus mengambil paket 5 IP. Itu berarti untuk paket minimal, kita harus membayar USD 10 per bulan. Bagaimana kalau kita mau membuat 10 blog? 20 blog? 50 blog? Uang yang harus kita keluarkan pastinya mahal. Apalagi mengingat target pertama kita adalah membuat 30 blog high PR.
Kita sangat beruntung sebagai orang Indonesia sehubungan dengan hosting...^_^... Karena harga paket hosting di Indonesia sangat murah jika dibandingkan dengan hosting di negara lain, khususnya USA. Sebagai alternatif dari SEO Hosting, kita dapat menggunakan layanan hosting dari beberapa provider. Hal tersebut karena masing2 provider pasti memiliki alamat IP server hosting yang berbeda pula.
Untuk menjalankan website berbasis wordpress, kita cukup menggunakan hosting dengan kapasitas disk sebesar 50 MB. Di Indonesia paket hosting ini dijual dengan harga berkisar antara Rp 50rb hingga Rp 100rb per tahunnya. Sebut saja beberapa hosting providers yg ada di Indonesia seperti idwebhost.com, rumahhosting.com, duoserversindonesia.com, jagoanhosting.com, jogjahost.com, e-padi.com, dan lain-lain. Coba bandingkan harga paket hosting dari negara lain. Untuk mendapatkan nama2 provider hosting di Indonesia, kita bisa dengan mudah searching di google.
Pada umumnya satu provider hosting di Indonesia menyediakan minimal 2 lokasi server, yakni server US dan XII (Indonesia). Dimana dengan adanya 2 server tersebut, berarti provider hosting tersebut menyediakan hosting sebanyak 2 IP address. Ada beberapa provider hosting yang juga menyediakan lebih dari 2 server dalam paket layanannya. Namun kita pukul rata saja 2 ya. Dengan demikian, untuk membuat jaringan blog yg terdiri dari 30 domain, kita membutuhkan maksimal 15 provider hosting. Seluruh alamat IP untuk masing2 domain akan berbeda.

WORDPRESS
Gunakanlah wordpress untuk setiap blog kita. Dan gunakan themes yang berbeda-beda untuk setiap blog.
Postingkan artikel yang yang setopik dengan backlink kita.
Ketika memposting artikel, sedapat mungkin gunakanlah gambar dan atau video dalam postingan.
Ada alat yang baik untuk memposting artikel secara massal ke blog kita tanpa harus login satu persatu kedalam blog. Yakni AMR. :D AMR cukup baik dalam melakukan blast posting.

 INDEXING
Setelah melakukan blast posting, gunakan indexer agar blog network kita cepat terindex google. Sehingga backlink yang kita tanamkan segera menjadi efektif.
Saya menggunakan indexer yang terbaik menurut beberapa riset di internet. Yakni backlinksindexer.com.

 PENUTUP
Kalu dibaca-baca lagi tulisan di atas, terlihat bahwa memang SEO yang mudah itu mahal harganya. Teknik inilah yang dipakai oleh perusahaan-perusahaan SEO di dunia. Mereka bahkan mempekerjakan seorang domain manager secara full time, khusus untuk mencari domain ber PR tinggi dengan cost yang rendah. Tapi hasilnya memang menjanjikan.
Menurut pengalaman dan hitungan saya, untuk membuat 1 jaringan modalnya sekitar 10 – 20 juta rupiah. Namun pendapatan yang diterima juga bisa menutup modal tsb dalam waktu 1 – 2 bulan. Ini bukan hal yang pasti. Tetap tergantung keyword yang dibidik. Easy, medium, atau hard? Ada analisanya lagi secara lebih baik. ;)

No comments:

Post a Comment