Pages

December 28, 2012

Personalisasi Icon Folder Windows

Memiliki banyak folder dengan berbagai macam file di harddisk tapi tetap saja sulit untuk menemukan file yang diinginkan? Meskipun Anda telah mengatur bahkan mengkategorisasi folder masih belum cukup membantu Anda bekerja dengan komputer Anda. Di tips kali ini kita akan merubah icon folder default Windows menjadi icon favorit, agar dengan sepintas melihatnya saja kita bisa mengenali folder tersebut beserta file yang tersimpan didalamnya.
Agar lebih mudah dalam merubah icon di Windows, kita bisa memakai aplikasi Folderico yang bisa diunduh di http://eng.softq.org/folderico. Folderico merupakan aplikasi yang mampu mengubah icon folder hanya dengan beberapa klik saja, dan folderico memiliki banyak tema icon yang bisa Anda pilih dan disesuaikan dengan folder yang tersimpan di harddisk. Ada 2 versi Folderico, yaitu Folderico 4 khusus bagi Windows 7 dan FoldericoXP untuk Windows XP dan Vista. Aplikasi ini gratis dan berukuran kecil.
Setelah menginstall, Folderico akan muncul di context menu Explorer Windows dengan meng-klik kanan folder yang akan diubah iconnya. Dalam context menu tersebut kita bisa langsung merubah icon folder dengan tema default Folderico, namun apabila tema default yang dimiliki Folderico terasa membosankan Anda bisa mendownload beberapa tema yang disediakan di situs Folderico. Anda bisa mengganti tema melalui context menu tersebut dengan memilih menu Change Theme, dan Anda akan mendapati icon baru yang dapat Anda pakai hanya dengan mengklik kanan di folder yang akan dirubah.
Jika Anda ingin berkreasi atau memiliki icon favorit cukup memilih menu Select costum icon akan tampil window baru yang akan menampilkan seluruh tema icon yang dimiliki oleh Folderico. Pilih Select costum icon jika Anda ingin mengganti dengan icon favorit Anda, lalu klik Apply untuk merubah icon folder tersebut. Namun bagaimana jika Anda ingin mengganti icon dengan memakai file foto atau gambar yang Anda miliki. Itu mudah, Anda tak perlu memakai tool khusus untuk merubah file foto menjadi icon di folder Anda.
Adalah ToyCon yang mampu merubah segala jenis file foto atau gambar menjadi icon hanya dengan mendrag & drop saja dalam sekejap file foto atau gambar Anda akan menjadi icon yang bisa digunakan sebagai icon folder favorit Anda. Unduh ToyCon di http://toycon.en.softonic.com/, ToyCon tidak memerlukan instalasi Anda tinggal mengekstrak dan menjalankannya.
Jalankan ToyCon yang akan menampilkan sebuah kotak dengan arah panah dibagian atasnya. Agar lebih mudah aktifkan fitur “Always on top” dengan mengklik kanan pada kotak tersebut. Pilih gambar yang diinginkan sebagai icon lalu drag ke kotak tersebut, secara otomatis ToyCon akan merubah setting yang diperlukan untuk membuat sebuah icon baru. Anda hanya perlu mengatur sedikit resolusi icon sesuai dengan Windows Anda cukup klik kanan ToyCon dan pilih menu “Size”. Untuk Windows XP cukup dengan mengatur resolusi icon 64×64 dan bagi Windows Vista dan 7 Anda bisa mengatur ke 128×128, 256×256. Setelah men-drag&drop file gambar ke ToyCon, pilih folder untuk menyimpan hasil icon dari gambar tersebut. Sekarang Anda tinggal merubah icon folder favorit dengan Folderico memakai icon hasil kreasi Anda.
Dengan merubah icon folder default Windows kini Anda tak perlu lagi membaca nama-nama folder untuk menemukan file yang dicari, cukup dengan melihatnya saja Anda akan tahu file apa saja yang tersimpan di dalam folder tersebut. Cukup mudah bukan?

No comments:

Post a Comment