Pages

April 19, 2009

My Opinion About Sahabat Sejati

Sahabat sejatiku...hilangkah dari ingatanmu ne.....ne....ah....whatever deh tuh syair lagunya Sheila on 7. Ako seneng banget denger tuh lagu. Rasanya “kena” aja sama kehidupan nyata. Baru sekali gue denger lagu itu di MP 3, terus entah kenapa malam ini ada pertanyaan yang mengusik ketenangan hidup ako.

Sebenernya apa sih arti “sahabat sejati”? Apa bedanya dengan istilah “teman sejati”? Di mata ako arti kedua kata itu sama aja. Supaya ga salah, ako intip KBBI (tau KBBI kan? Itu lho Kamus Besar Bahasa Indonesia) dulu ya? Arti “sahabat” adalah teman, kawan, handai tolan. Sedangkan arti “teman” adalah kawan, sahabat. So, arti dua istilah itu sama dong? Sekarang, lihat arti kata “sejati” yuk. Arti “sejati” ialah sebenarnya. Berarti kalo diartiin “sahabat sejati” adalah teman yang sebenarnya. Wah, kok artinya jadi abstrak banget gitu ya?

Gini aja deh, gue tulis apa yang ada di pikiran ako aja ya? Bayangan ako dari dulu, sahabat sejati itu adalah orang yang akan selalu ada di samping kita (bukan berarti harus “mengikuti” ke manapun kita pergi lho....), rela nolong kita, berbagi suka-duka, curhat, percaya penuh sama kita, cocok, karakter ga mesti sama tapi bisa saling melengkapi, dan lain-lain pokoknya semua hal yang menggambarkan seorang teman ideal. Tapi ternyata bayangan ako itu tidak menjadi kenyataan. Sampai dengan detik ini ako belum pernah nemuin sahabat seperti itu. Emang sih, ako ga pernah minta temen seperfect itu, tapi paling enggak kalo ada yang mendekatilah. Hahahahaha.. :))

Ako baru menyadari keadaan ini setelah beberapa waktu lalu ga ada satupun temen ako yang bisa dimintain tolong. Jadi ceritanya tuh, sewaktu ako lagi nyusun skripsi dan benar2 pengen banget minta bantuan saran,kritik,dukungan moral dan spritual, tapi apa mereka malahan gak ada disaat ako perlu. Dan setelah ako tamat dan mendapat kerja di Jakarta, disinilah benar2 kliatan arti seorang sahabat itu.. Ako dan temanku sama2 dapat kerja dijakarta dan sama2 jg satu kost2an.. Tapi lama kelamaan sifat asli dia kliatan.. Ako malah dicuekin, ako malah dianggap orang asing.. arghhhhhhhhh.. Tau akh..!! Dia lebih keseringan sama pacarnya hampir tiap ari, ako dibiarkan begitu saja.. Arghhhhhhhhhhh.. Sudahlah.. Emang sih ako juga ga bisa nyalahin siapa-siapa. Mungkin aja emang waktunya yang ga pas dan temen-temen ako itu lagi ada keperluan semua. Rasanya hati ako sedih banget!!! Mungkin ako ga akan sesedih itu kalo ako ga lagi moody gara-gara tamu bulanan wanita itu. Tapi emang entah kenapa, ako jadi ngerasa agak kesel juga ama mereka itu. Kok kayaknya kalo pas ako perlu mereka, ga ada yang bisa nolongin. Padahal kemaren-kemaren waktu mereka perlu ako, sebisa mungkin ako bantu. Sebenernya sih ako ga pernah minta balesan tiap kali abis nolongin temen ataupun oranglain. Tapi kalo kejadiannya kayak gini, yah...lumayan bikin sedih dan kesel juga. (btw, jangan-jangan ako aja lagi yang terlalu sensi.... Bruakakakakakakkakakakaka)

Apakah dalam bertemen itu harus ada timbal baliknya ya? Apapun yang kita perbuat ga cuman satu arah kan? Jadinya ako sempet punya prasangka buruk ama temen-temen ako itu. Egois banget sih mereka. Kalo mereka emang perlu aja mau jadi temen. Ha....ha....ha jahat banget ya pikiran kayak gitu? Tapi sesaat kemudian ako kembali mengingatkan pada diriku sendiri untuk kembali ke jalan yang benar (ape coba ? :p~) Kalo ako punya pikiran kayak gitu berarti ako juga bukan teman sejati dong buat mereka.. Seharusnya kekhilafan yang telah mereka buat tidak perlu kita balas dengan kekhilafan yang lain. Justru harus kita balas dengan kebaikan. Setuju ga?

Jadi apa dong arti sebuah “sahabat sejati”?

Ada yang mau jawab pertanyaan di atas? :-)

No comments:

Post a Comment