Pages

May 1, 2009

Startegy Online marketing Memenangkan Pemilu Indonesia 2009


Dari traffic search analytic diatas, Personal Branding berada diatas partai, sayang duitnya ngak cukup kalo sendiri :-) . Nah yang terakhir kita coba adu kambing kambing nya eh partainya … :-)

- note : President SBY site has a traffic rank of: 120,888

Waktu pelaksanaan pemilu yang tinggal beberapa bulan lagi dan media online pun seperti blog ikut terus berkembang baik dari segi economic yang ikut menyumbang devisa negara, hubungannya ?…
Saya berprediksi kalo tahun 2009 media online akan terus tumbuh dan media online akan menjadi salah satu sarana go champain country para partai, bahkan ada yang calon independent - walopun udah ngundurin diri-.

Padahal ada baiknya terus champaign karna Indonesia tertinggal 5 tahun dalam pemanfaatan media online, begitu yang saya dapat waktu WordCamp kemarin.

Saya iseng iseng coba analysis pakai mesin 2 juta umat, berdasarkan trend 12 bulan terakhir dengan region : Indonesia.

Online Marketing sebagai saran champaign optimization atau conversation 2.0 lebih disukai anak muda yang tentu juga memiliki hak suara , mereka menyukai online dan komunikasi 2 arah yang terbuka seperti halnya Blog, jadi kebanyakan dari mereka ngak suka sama web corporate atau partai yang hanya mencitrakan diri sebagai yang terbaik, dah kayak jual produk MLM ajah..

Beberapa tips yang bisa dicoba untuk memenangkan pemilu indonesia baik pemilu 2009 atau pun yang akan datang

Mulailah dengan Blog

Banyak hal yang bisa di explore dari Blog, kalo seandainya takut karna tampilannya yang terkesan sederhana, maka bisa dicoba dengan template magazine premium, kalo tetep pengen berbentuk website, saya sarankan coba gunakan Wordpress, ataupun Joomla. Untuk Wordpress ada banyak keunggulan hal yang terpenting Wordpress sangat powerful untuk SEO, walaupun tidak se-CMS Joomla. Luckily, Wordpress as CMS dengan tampilan corporate akan saya bahas di postingan berikutnya, so , doakan suapaya inget :-) .

Banner ad


Email Marketing

Terus meningkatnya online technology yang terus meningkatkan impact positif juga sekaligus me reduce cost dan cepat untuk penyampainan ke target audiences.

Beberapa hal positif email marketing yang bisa diperoleh

* Survey dapat dilakukan dalam jumlah besar untuk waktu yang bersamaan - at one time .
* No International boundaries
* inexpensive alias murah.
* Results can received within a few days.

Content Update

Satu ciri Blog adalah Content yang update, Sudah seharusnya content di update sendiri, jangan via ajudan atau staff, setidaknya jika ingin multi author, sang calon juga harus meng-updatenya.

Jenis content bersifat onactivity dan offactivity

On activity, content yang menjelaskan aktifitas yang dilakukan partai maupun perseorangan. Kesalahan kesalahan yang dilakukan partai serta cara partai bertanggung jawab.gunakan bahasa sehari hari .

Offactivity

Ikut aktif dengan para Blogger ataupun event di online baik itu ngaskus ataupun hal yang ngak berkaitan dengan partai , jangan lupa me-review hal itu di Blog.

yang terakhir ;

Gunakan bahasa bahasa sehari hari karena bahasanya membumi,ringan, ngak kayak koran dan mengajak bicara audiencenya namun tetap menjaga agar tidak lari dari tujuan seperti penggunaan.

Beri backlink, diutamakan do-follow :-)

Tingkatkan Personal Branding

SEO , Mesin pencari atau Search engine telah menjadi kultur baru, era buku kuning -yellow pages , dan alat bantu pencarian sudah digantikan dengan online - Google - dari sekedar informasi, info Small Business , sampai pencarian lokasi sudah digantikan dengan Google earth.

Bermasyarakat dengan netizen non Blogger, umumnya netizen yang non blogger selalu berkunjung ke forum atau social network. Sebagai salah satu strategy Online marketing bisa gunakan FaceBook. According to Budiputra

Kenapa ? Facebook is getting more popular now in Indonesia, it has reached 645% growth rate last year!

At a growth rate of 645% in 2008, Indonesia has been the fastest growing country on Facebook in Southeast Asia , outpacing growth in China, India, Malaysia, Thailand, and Singapore.

Facebook users are also a minority compared with Friendster , the country’s most popular social networking services.

Luckily, With over 12 million registered users in Indonesia , about 60% of Indonesia’s Internet users have a Friendster account.

Online market branding dengan Online marketing 2.0

Selama ini Online marketing di indonesia kurang berkembang karna kultur corporate yang tertutup dan tidak terbuka terhadap celaan. So,

Berdayakan para Internet marketer sebagai rekan kerja sebagai online marketing services, Online Community Consultant, ataupun online marketing research .

Lagi lagi dengan Internet marketer, Jumlah pekerja yang selalu berlebih dengan peluang kerja offline yang tersedia, maka jalin lah kerja sama dengan Internet marketer untuk menumbuhkan peluang kerja sebagai Internet marketer.

Mulailah terbuka dan membumi semoga ditahun 2009 atau setidaknya tahun berikutnya bisa menang pemilu Indonesia .

No comments:

Post a Comment