Pages

July 10, 2009

CARA CEPAT CEK BLOG DO FOLLOW / NO FOLLOW

Blogwalking dalam bahasa saya berarti jalan-jalan ngeblog. Artinya masuk blog ini, blog itu, comment sini, comment sana, shout kiri, shout kanan dan seterusnya. Saya cuman ingin nambah ilmu dan nambah link. Karena menurut penuturan para senior, memberi komentar di blog bisa menambah backlink kita. Jadi semakin banyak kita berkomentar di blog yang do-follow, maka akan semakin banyak pula jumlah backlink kita, dan otomatis akan berpotensi meningkatkan page rank kita. ( betul?? Kalo salah dimaafin dan dikoreksi, kalo benar, sukur deh :P~ ).



Pertanyaannya adalah, bagaimana kita tahu kalo blog tersebut do follow atau masih defaut, yaitu no follow? Bagi yang menggunakan Mozilla Firefox, ada alat (baca: add-ons) di Firefox yang bisa mendeteksi apakah sebuah blog menganut do follow atau tidak. Add ons itu bernama NoDoFollow 1.1.

Silakan download NoDoFollow atau mau lebih cepat klik di bawah ini untuk download dan install NoDoFollow.





Caranya gampang banget, setelah kita download maka akan otomatis terinstal di Firefox kita. Setelah itu, Firefox akan minta di restart. Tinggal klik Ok, maka Firefox me-restart dan tradadaaam…..Liat di menu tools, akan terpampang menu add-ons baru, yaitu NoDoFollow. (liat gambar).



Sekarang, praktek..
Bukalah salah satu blog. Atau blog saya ini saja. Setelah add-ons NoDoFollow diaktifkan (dicentang), maka pada blog saya akan tampak kotak berwarna merah muda dan biru. Liat di bagian komentar atau di link list/blogroll/friends. Link-link yang ada diberi kotak warna biru. Warna biru berarti blog comment saya Do Follow. (Makanya silakan komentar terus….). Sedangkan di bagian shoutbox, link-link yang masuk atau para shouter, diberi kotak warna merah muda. Artinya link-link para ‘shouter’ itu NoFollow. Kalau yang di shoutbox ini memang desain dari sononya.




Jadi kalau pas blogwalking, aktifkan add ons NoDoFollow-nya, biar bisa jadi acuan kita mana yang harus kita utamakan berkomentar..mana yang ntar-ntar aja…(dalam rangka hunting backlink dan PR). Gitu kata para guru….

Nah…silakan dicoba..kalau mau lebih cepet lagi buat yg nyari blog2 yang sudah do-follow..

update:
Add-ons yang laen : searchstatus dan seoquake (laen kali kita kupas, insya Allah..)

Masih kurang…?? Ayok kita blogwalking lagi….

No comments:

Post a Comment