Pages

May 31, 2012

Cara Verifikasi Paypal Via Bank BCA

Dua hari yang lalu saya mem- verifikasi account Paypal via Bank BCA setelah kiriman uang dari pihak Paypal masuk kerekening Bank BCA saya. Pada hari itu juga, saya langsung mengaktifkan account Paypal yang selama ini menyandang status unverifikasi :D . Bukannya ga modal atau ga mau verifikasi. Saya jarang menggunakan account paypal. Alasannya ?, Saya kurang minat berbisnis sama orang luar, karena ga ngerti bahasanya :lol: . Kemudian semangat itu bangkit kembali, manakala account Paypal saya sudah ga menyandang status jomblo lagi.
Verifikasi Paypal Via Bank BCA
Verifikasi Paypal Via Bank BCA
Mungkin sebagian besar blogger yang menggeluti dunia bisnis online sudah mengetahui salah satu program dari Paypal yaitu Paypal Whistlist. Dari progaram ini pula, akhirnya saya berfikir untuk kembali belajar dan mendalami bisnis internet yang bayarannya berupa dollar. Paypal merupakan dompet online yang wajib di miliki untuk berbisnis dengan orang bulex. Karena pembayaran dari hasil kerja kita kebanyakan melalui Paypal. Paypal bisa di katakan dompet online untuk menampung pundi-pundi dollar yang kita dapatkan. Lalu apakah setiap orang bisa membuat account Paypal ?,  jawabnya tentu bisa ! . Hanya yang membedakan adalah statusnya. Sudah terverifikasi atau belum. Kita tetap bisa menampung dollar walau satus account Paypal kita unverifikasi. Tetapi tidak bisa menggunakannya untuk transfer atau mengambil dollar nya, sifatnya hanya menampung saja. Untuk bisa menggunakan fasilitas Paypal layaknya sebuah Bank, account Paypal kita harus dalam status terverifikasi. Enaknya, sekarang Paypal  telah mendukung verifikasi melalui Bank lokal seperti Bank BCA. Kalau dulu, verifikasi paypal hanya bisa dilakukan via kartu kredit dan VCC (Virtual Credit Card), itu setahu saya. Tapi tidak sekarang,  jika dollar yang ada di Paypal kita berjumlah lebih dari 2 dollar, itu cukup buat memverifikasi account kita tersebut.  Jadi di isi dulu Paypalnya dengan program-program bisnis online yang pembayarannya melalui Paypal :lol: . Kalau dollar yang kita dapatkan telah mencapai 2 dollar atau lebih, silahkan verifikasi langsung via Bank BCA. Pengalaman saya sendiri, paypal tidak memotong dollar sedikitpun dari rekening kita, bila verifikasi dilakukan melalui Bank lokal (BCA).  Untuk Bank lokal lainnya, mungkin langkah-langkah verifikasinya hampir sama.
Lalu bagaimana cara verifikasi Paypal via Bank BCA ?. Berikut adalahlangkah-langkah memverifikasi account Paypal khusus pengguna rekeningBank BCA :D .
Langkah pertama adalah log in dulu ke account Paypal kita. Bagi yang belum memiliki account Paypal, silahkan daftar dulu di sini  (Ref).
Daftar di PayPal, lalu mulai terima pembayaran menggunakan kartu kredit secara instan. 
Kemudian lihat halaman account kita yang belum terverifikasi seperti gambar dibawah ini.
Paypal Unverifikasi
Paypal Unverifikasi
Silahkan klik “Dapatkan Status terverifikasi”. Kemudian kita akan dibawa ke halaman seperti gambar di bawah, silahkan klik tombol “Hubungkan Rekening Bank Saya”.
Paypal
Akternatif Verifikasi Paypal
Langkah berikutnya adalah mengisi halaman data untuk rekening Bank BCA kita. Sebaiknya isi data diri kita yang sebenar-benarnya,  sesuai dengan data pada rekening Bank BCA. Tujuannya, agar tidak mendapatkan masalah di kemudian hari. Isi data diri, Nama (nama kita di rek Bank BCA), Nama Bank (BCA), Kode Bank (untuk kode Bank BCA isi dengan 0140012), Nomor rekening (Isi dengan nomor rekening Bank BCA kita), Masukkan ulang nomor rekening (Masukkan sekali lagi nomor rekening Bank BCA kita), Lihat gambar dibawah.
Data Rekening Bank BCA
Data Rekening Bank BCA
Kode Bank BCA untuk Paypal
Kode Bank BCA untuk Paypal
Pastikan pengisian data diri pada halaman seperti diatas benar. Bila yakin, silahkan kelangkah berikutnya, klik “Lanjutkan”.  Berikutnya kita akan dibawa kehalaman pratinjau data Bank BCA yang telah kita masukkan seperti gambar dibawah. Silahkan cek, jika ada kesalahan, tekan tombol “Edit” untuk memperbaiki kesalahan.
Pratinjau data Bank BCA
Pratinjau data Bank BCA
Oke, data sudah benar. Langkah berikutnya, pada halaman Pratinjau diatas silahkan klik tombol “Tambah Rekening Bank”. Data Bank BCA kita akan ditambahkan kedalam account Paypal kita.
Penambahan Rekening Bank BCA Sukses
Penambahan Rekening Bank BCA Sukses
Setelah data Bank BCA kita telah ditambahkan, pada gambar diatas silahkan klik tulisan “Buka Rekening Saya”. Berikutnya, kita akan dibawa kehalaman seperti dibawah ini. Lihat tanda Panah yang berarti “Daftar Tugas” yang harus kita selesaikan, yaitu konfirmasi Bank BCA kita.
Daftar Tugas
Daftar Tugas
Kemudian, buka email kita untuk memastikan kalau kita telah menambahkan data Bank BCA ke account Paypal. Isi pesan email konfirmasi dari Paypal kurang lebih seperti ini.
Email konfirmasi dari Paypal
Email konfirmasi dari Paypal
Kalau sudah menerima pesan tersebut, tinggal menunggu selama 1 sampai 3 hari kiriman uang dari Paypal. Paypal akan mengirim uang sebanyak dua kali. Jangan harap kiriman ini sebesar 1 juta rupiah :lol: , cuma terdiri dari dua digit angka. Lihat jumlah keduanya, jumlah ini berguna untuk mengisi halaman konfirmasi nantinya. Sampai disini, proses Verifikasi di tunda dahulu :-( . Silahkan Keluar dari Account Paypal Kita. Tunggu 1 sampai 3 hari. Karena ga mau bolak balik Bank, saya tunggu sampai hari ketiga baru saya nabung :lol: , untuk melihat jumlah uang yang dikirim oleh pihak Paypal.
O ya, bagi yang bingung dan bertanya-tanya seperti saya waktu seminggu yang lalu :D , dua digit angka ini dapat dilihat di buku tabungan BCA kita. Minta print out buku tabungannya lagi, sekalian nabung sedikit :lol: . Lihat contoh screen shot buku tabungan di bawah ini dengan dua digit uang yang ditransfer oleh Paypal.
Print out Buku Tabungan BCA
Print out Buku Tabungan BCA
Anggap kita sudah menerima dua kiriman uang dari pihak Paypal. Seperti gambar diatas, saya mendapatkan 14 juta rupiah dan 16 juta rupiah :lol: . Angka yang cukup fantastis. Dua digit angka tersebut berguna untuk langkah verifikasi selanjutnya.
Silahkan log in ke acount Paypal kita. Pada halaman seperti dibawah ini, silahkan klik tulisan “Konfirmasi rekening bank”
Verifikasi Bank BCA
Verifikasi Bank BCA
Berikutnya, kita akan dibawa kehalaman konfirmasi seperti dibawah ini. Silahkan isi kedua digit kiriman dari Paypal pada kolom isian “Jumlah 1″ dan “Jumlah 2″. Pada kolom 1 saya isi dengan 14 dan pada kolom kedua saya isi dengan angka 16. (Kemungkinan untuk dua digit rupiah kiriman dari Paypal ini, setiap orang akan berbeda-beda.  Silahkan di sesuaikan).
Konfirmasi dua digit rupiah kiriman dari Paypal
Konfirmasi dua digit rupiah kiriman dari Paypal
Bila kolom isian pada “Jumlah 1″ dan “Jumlah 2″ diatas telah di isi sesuai dengan jumlah yang dikirim oleh Paypal, silahkan Klik tombol “Konfirmasi”.
Seharusnya, kita akan dibawa kehalaman seperti dibawah ini yang berati account Paypal kita telah di verifikasi via Bank BCA. Selamat.
Account Paypal Telah di Verifikasi
Account Paypal Telah di Verifikasi
Verifikasi Paypal via BCA Sukses
Verifikasi Paypal via BCA Sukses
Sampai disini, langkah-langkah verifikasi Paypal via Bank BCA telah selesai. Tapi Account Paypal kita saat ini adalah Account Paypal “Pribadi”. Silahkan tingkatkan status account Paypal kita menjadi “Primer” tanpa dipungut biaya :D . Pada gambar seperti gambar di bawah ini silahkan klik “Tingkatkan”
Account Paypal Pribadi
Account Paypal Pribadi
Account Paypal Primer
Account Paypal Primer
Account Paypal sendiri terbagi atas account Pribadi, Primer dan Business. Silahkan baca lagi kelebihan dan kekurangan dari masing-masing account Paypal tersebut.
Itulah sekilas langkah-langkah dan Cara Verifikasi Paypal Via Bank BCA yang saya praktekkan sendiri. Mudah-mudahan, penjelasannya tidak membingungkan.

No comments:

Post a Comment