Pages

May 1, 2009

Sistem Distance Learning dengan Credit Earning Universitas

Perkembangan yang pesat dan dinamis dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan motor penggerak pada hampir semua aspek kehidupan manusia, termasuk dunia pendidikan.

Mereka yang tidak mampu atau tertinggal dalam memanfaatkan teknologi ini akan mengalami kesulitan dalam memenangkan persaingan yang makin ketat. Demikian pula dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, yang tidak segera mengup-grade kemampuan dan penguasaan teknologinya akan tertinggal oleh perguruan tinggi lainnya dan, pada gilirannya, akan ditinggalkan mahasiswanya.
Sebagai tanggapan positif atas perkembangan TIK, pada pertengahan 2006 Ditjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional Indonesia mengumumkan pelaksanaan kegiatan pengembangan Backbone Jaringan Pendidikan Indonesia (Indonesian Higher Education Network - INHERENT). Mengiringi kegiatan pengembangan backbone INHERENT ini, Dikti menawarkan hibah kompetisi untuk pengembangan kapasitas institusi perguruan tinggi di Indonesia dalam jaringan INHERENT; program hibah tersebut disebut PHK-TIK (Program Hibah Kompetisi - Teknologi Informasi dan Komunikasi) INHERENT 2006 yang dibagi ke dalam tiga kelompok peserta kompetisi: K-1 untuk 9 PTN utama, K-2 untuk 73 PTN lainnya, dan K-3 untuk seluruh PTS. Seluruh program yang diusulkan Universitas Gunadarma, beserta aktivitas-aktivitasnya, telah selesai dilaksanakan dengan baik, sesuai dengan indikator-indikator keberhasilan pelaksanaan kegiatan.

Pada pertengahan 2007, Universitas Gunadarma juga kembali mendapat hibah kompetensi terkait INHERENT. Tiga proposal berhasil mendapat hibah, salah satunya adalah proposal Pengembangan Sistem Aplikasi dan Konten dari e-Learning Center dengan dua program: (1) Inventarisasi dan delivery produk pembelajaran elektronis koleksi Pusat Pembelajaran Elektronis Universitas Gunadarma, (2) Pengembangan sistem aplikasi virtual laboratory yang dilengakapi dengan video on demand.

Pada akhir Maret 2008 Dikti kembali menawarkan hibah kompetisi terkait INHERENT; kali ini hibah yang ditawarkan adalah PHK-TIK Tahun 2008: Pengembangan Sistem Aplikasi dan Konten INHERENT. Sesuai dengan tajuknya, tujuan PHK-TIK 2008 ini adalah untuk pengayaan, pemanfaatan, dan diseminasi sistem aplikasi dan dan konten pendidikan tinggi berbasis TIK dan untuk mendanai kegiatan yang salah satunya pelaksanaan kegiatan pembelajaran jarak jauh yang diakui kreditnya. Sehubungan dengan ini, pimpinan Universitas Gunadarma menunjuk Pusat Pembelajaran Elektronis (e-Learning Center) untuk menyusun proposal PHK-TIK 2008 Pengembangan Sistem Distance Learning dengan Credit Earning..

Infrastruktur TIK Universitas Gunadarma, pengalaman keberhasilan Universitas Gunadarma mendapatkan dan menyelesaikan berbagai PHK, termasuk PHK-TIK K-3 INHERENT 2006, PHK-TIK K-1 INHERENT 2007 serta komitmen yang tinggi pimpinan Universitas Gunadarma adalah modal utama sekaligus justifikasi bagi Universitas Gunadarma untuk kembali mengajukan proposal PHK; kali ini adalah PHK-TIK K-1 INHERENT 2008.

Dua program yang diusulkan dalam proposal tersebut adalah: (1) Pengembangan Lingkungan Distance Learning, (2) Pengembangan Sistem Pendukung Distance Learning.

Distance learning adalah suatu sistem pembelajaran yang menggunakan dua pendekatan secara filosofi dan penggunaan teknologi. Filosofi dari distance learning adalah menurunkan barrier ke pendidikan dan memungkinkan peserta ajar untuk belajar sesuai dengan yang diinginkan, waktu yang diinginkan dan dapat berlangsung dengan tempat berbeda. Sedangkan teknologi digunakan sebagai media proses pembelajaran.


Tujuan utama program ini mempunyai dua sisi sinergis, yaitu:
a. Berpartisipasi aktif dalam pemanfaatan jaringan INHERENT.
b. Pendayagunaan dan peningkatan kualitas produk pembelajaran elektronik koleksi Universitas Gunadarma yang dapat diakses untuk semua anggota jaringan INHERENT terutama perguruan tinggi mitra.

Perguruan tinggi mitra yang sudah tergabung dan menggunakan sistem distance learning ini adalah Universitas Negeri Medan (UNIMED) Medan, untuk program studi Akuntansi serta Universitas Sriwijaya Palembang, untuk program studi Teknik Komputer.

Kami mengundang dan mengajak perguruan tinggi lain yang ingin berpartisipasi dalam sistem pembelajaran jarak jauh ini, sehingga akan menambah ramai jaringan INHERENT yang sudah sengaja dikembangkan oleh DIKTI untuk menghubungkan semua Perguruan Tinggi Indonesia melalui jaringan internet dan meningkatkan peran perguruan tinggi dalam upaya peningkatan daya saing bangsa dengan cara menghasilkan lulusan yang cerdas dan berdaya saing tinggi.

Dengan adanya distance learning ini diharapkan memberikan kemudahan bagi peserta ajar dan dosen untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Saat ini tersedia 4 mata kuliah untuk program distance learning ini yaitu Arsitektur Komputer, Interfacing, Dasar Akuntansi, dan Sistem Informasi Akuntansi.

Silakan kunjungi situs http://distance.elearning.gunadarma.ac.id

No comments:

Post a Comment